Oral approach dikenal kan oleh Harold
Palmer dan A.S hornby pada tahun 1930-1960 di inggris. oral approach berarti
pendekatan lisan. Tujuan dari metode ini adalah mengetahui pengetahuan siswa,
memperkenal kan bahasa sasaran, meningkatkan pengucapan kemampuan berbicara dan
membaca. Metode ini fokus terhadap pengawasan kosa kata, kemampuan membaca,
penguasaan grammar. Jadi oral approach menekankan kepada kemampuan berbicara
siswa dalam metode ini siswa di perkenal kan bahasa target agar lebih
memudahkan siswa dberikan kata-kata baru dari bahasa target tersebut. Aktivitas
yang terjadi di dalam kelas apabila menggunakan metode ini adalah tindakan, gerakan
tubuh dan kemudian mendemonstrasikan. Dalam materi ini ada dijelaskan tentang
peran siswa, siswa harus mendengar dan merespon dan kemudian peran guru
sendiri, guru sebagai model, dan mengatur situasi. Ini sedikit kesimpulan
tentang materi ini. Isi materi ini bagus dan mudah dipahami.
Materi ini disampaikan
oleh Marda Ely Shinta, penyampaiannya bagus dan jelas dia menggunakan bahasa
yang tersusun atau sistematis seperti memang sudah dipersiapkan. Namun presentase
nya menghabiskan waktu yang sangat lama sehingga mengakibatkan penonton pun
tidak antusias terhadap apa yang disampaikannya.
0 komentar: