Metode ini diperkenalakan pada tahun 1970 an di amerika.
Tujuan dari metode ini adalah mengukur ketepatan pada penjelasan ilmu
pengetahuan, kemampuan dan tingkah laku siswa. CBLT ini adalah metode yang
sering digunakan oleh guru karena didalam CBLT ini mempunyai pola silabus, dan
dalam CBLT ini terdapat peranan guru dan peranan siswa. Aktivitas dalam CBLT
ini siswa dan guru saling tanya jawab agar dapat mengasah kemampuan berbahasa.
Materi yang digunakan dalam CBLT ini adalah contoh berupa teks, penilaian tugas
dan kemampuan menulis dan membaca siswa.
Ada
bebrapa pendekatan dalam metode ini yaitu :
a. Fungsional
b. Interpersonal
c. Interaksional
d. Behaviorist
Metode ini menekankan kepada skill yang
dibutuhkan dalam kehidupan, outcome yang dihasilkan, berorientasi kepada
penampilan atau latihan yang diberikan. Teknik ini juga menuntut siswa agar
memiliki kompetensi seperti berikut
a. Grammatical
b. Sosiolinguistic
c. Discourse
d. Strategic
Metode ini bisa diterapkan pada siswa
dalam berbagai level dan ini adalah cara terbaik untuk membuat atmospher bahasa
Inggris.
Materi ini disampaikan oleh Suryani.
Penyampaian materi nya bagus, namun bahasa yang disampaikan kurang dapat di
pahami jadi saya sulit mengerti tentang CBLT ini.
0 komentar: